sapa dan salam

Assalamuallaikum, Selamat bergabung di Xpassion.:D

info terupdate

Hi Xpassioners, selamat berkarya di BUKU ke 2 Xpassion, kumpulkan tulisanmu segera, rebranding your self and improve your skill
  • -Lutfi Zein-.
  • Find Your Passion
  • Now
  • No Delay,No Excuse,No But.
  • Reading Books Makes you Better.

Selasa, 31 Desember 2013

Delaying Gratification

Penulis: Erik Sofyan Hadi


Menunda Kesenangan Kecil untuk Kesuksesan yang lebih Besar. Cobalah kita renungkan kembali seberapa banyak hal yang ingin kita raih di dalam hidup?

apakah kita telah puas dengan keadaan kita sekarang, ataukah masih ada keinginan lain untuk menggapai hal-hal baru yang selama ini belum kita dapatkan?. Terkadang memang kita dituntut agar berusaha keras, bahkan harus mengerahkan segala kemampuan kita untuk mendapatkan sesuatu, dan tentunya ada kesenangan, kebahagiaan atau “ke-an” lain yang tentu kita harapkan pada akhirnya.

Apakah anda kurang berkenan jika dihadapkan pada hal-hal yang menyenangkan?, saya yakin anda tentu berkenan bukan?. Adalah wajar jika kita sebagai manusia selalu menginginkan untuk mendapat hal-hal yang menyenangkan. Tapi, pernahkah kita berpikir untuk menunda kesenangan kecil untuk suatu kesenangan, terlebih kesuksesan yang lebih besar?. Sebenarnya konsep ini relatif sederhana jika kita mengetahui tujuan yang sebenarnya. Ya, kita dituntut untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum berhadapan dengan kesempatan untuk meraih kesuksesan yang lebih besar, hanya saja dalam proses persiapan ini terkadang kita dihadapkan pada pilihan untuk mengorbankan kesenangan kecil yang bisa kita nikmati instan pada saat itu juga atau kita nikmati bersama dengan kesuksesan yang jauh lebih besar yang akankita raih.

Lantas, hal apa saja yang bisa melatih kita untuk bisa menunda kesenangan kecil selain focus pada tujuan akhirnya?, yang pertama sempatkanlah untuk menengok kepada mereka yang berkekurangan sehingga kita selalu bersyukur karena kita masih dianugrahkan ‘modal’ sedikit
lebih daripada mereka. Yang kedua, belajarlah menghargai hal-hal kecil, ingatlah karena nila setitik, rusak susu sebelanga, dan yang ketiga adalah berpuasa. Bukan hanya bermanfaat dari sisi religius, namun juga berguna bagi orang-orang yang ingin mengembangkan disiplin dan kemauan keras.

Jangan terlena dengan kenyamanan sementara yang kadang membuat kita merasa puas, padahal tujuan utama kita belum tercapai. Bolehlah kita menikmati hasil sementaranya, tapi tetaplah berpegang pada visi ke depan yang jelas untuk mencapai tujuan akhir kita, kesuksesan yang besar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar