sapa dan salam

Assalamuallaikum, Selamat bergabung di Xpassion.:D

info terupdate

Hi Xpassioners, selamat berkarya di BUKU ke 2 Xpassion, kumpulkan tulisanmu segera, rebranding your self and improve your skill
  • -Lutfi Zein-.
  • Find Your Passion
  • Now
  • No Delay,No Excuse,No But.
  • Reading Books Makes you Better.

Selasa, 31 Desember 2013

Awal Mula Berkarir



Penulis: Emy


Waaah klo ngmongin tentang  karier  nih.. pastinya ingin yang cerah-cerah. So pasti….Mana ada sich punya karier yang nggak cerah alias gelap.
 Yup….Setelah lulus sekolah di tahun 2010  aku masih bingung mau melakukan apa. Orang tua menasehati untuk melanjutkan pendidikan, tapi aku ingin mencari uang terlebih dahulu,merasakan hasil kerja sendiri. Hanya itu yang ada dibenakku saat itu.
Setelah ijasahku udah ditanganku kini saatnya aku mulai ngelamar pekerjaan kesana kemari,  dengan segebok lamaran yang aku buat.hehehe….Setelah aku sebar kemana mana lamaran hanya 3 intansi aja yang memanggilku untuk interview.
Itupun Cuma interview saja dan aku harus menunggu hasil pengumuman yang tak kunjung aku terima informasinya. Yach….kalo bahasa sekarang tuh namanya PHP alias pemberi harapan palsu…uwiisss. Aku  pun tetap  berusaha bersabar dan berdoa agar di beri kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan.
Setelah beberapa bulan nganggur ,menunggu panggilan yang nggak pasti juga, bosen, jenuh, bingung juga mau ngapain, mau daftar kuliah  udah telat, saat itu bingung banget!
Akhirnya ibu bilang dari pada nganggur mending buka usaha kecil2an saja terlebih dahulu. Akhirnya aku memutuskan untuk  berbisnis counter pulsa karena  waktu itu didesa ku belum terlalu banyak counter. Akhirnya aku buka usaha jual pulsa didepan rumah. Tidak hanya jual pulsa tapi juga jual sosis. hehehe. Jadilah pengusaha kecil2an.
Awal pertama buka usaha itu banyak sekali pelanggan yang datang. Maklumlah kan pertama, karena banyaknya juga banyak yang di hutang. Huaah ,, meskipun laku keras tapi kalo caranya di hutang gini yang ada modalnya juga ikut ambless. Modalpun bukan punya sendiri masih di modali ortu. Akhirnya gak sampek 1 minggu aku memilih untuk menutup usahaku itu. Aku mau nyari modal dulu alias cari pekerjaan lain.
Nah kebetulan waktu bulan ramadhan teman-teman SMP  ngadain acara buka bersama disalah satu rumah temen namanya wahyu. Waktu itu sih yang dateng nggak terlalu banyak, cuma sebagian aja nggak banyak tapi tak apalah cukup membuatku untuk melepas rindu. Wah kalau ngomongin temen jadi kangen nihL
Sambil nunggu buka puasa aku banyak berbagi pengalaman hidup ke temen2. Kebetulan ada yang nawarin kerjaan, aku memang lagi membutuhkan pekerjaan. Hehe
Aku pun langsung menyangupi tawaran dari temenku sebut saja namaya eka. Dia pun memberi surat refrensi itu. Isi refrensi itu bahwa perusahaan tersebut banyak sekali membutuhkan banyak karyawan , salah satu di antaranya membutuhkan administrasi, staff, acounting,opertor, dll. Minimal lulusan SMA sederajat.Waah kebetulan itu kan aku banget yang cuman lulusan SMK. Yach  kalo dari nama perusahaanya sich udah kayak perusahaan besar. Jadi yach nggak perlu berpikir panjang kali lebar  langsung keesokan harinya melamar  pekerjaan di tempat itu. Dan setelah 3  hari kemudian aku pun dapet panggilan dri CV itu untuk interview. Karena ingin cepat-cepat  pagi malemnya nggak bisa tidur. Kalo inget jadi senyum senyum sendiri.
Keesokan harinya aku interview di anterin bapak karena aku kan belum paham daerah jember. Yachh dulu kan SMK-nya sekolah dibanyuwangi, jarang pulang juga jadi yah maklumlah kalo belum hafal jalan di jember,,hmm...akhirnya aku pun masuk kedalam ruangan itu.
Setelah aku masuk ternyata nggak cuman aku saja yang disitu masih banyak kandidat yang lain ternyata ,kurang lebihnya 10 pelamar, kalo di lihat dari penampilannya sih keren keren, kece kece,aku sampai minder. Waktu gilirannya, aku pun masuk ke dalam suatu ruangan untuk interview,, yah yang ditanya hanya pengalaman dan perkenalin diri itu saja. Gajipun juga gak dijelasin berapa rupiah yang harus aku terima setiap bulannya, seandainya keterima juga pun nggak jelas kerja bagian apa. Dan pada akhirnya pak managernya memutuskan untuk menerima aku untuk bekerja  di perusahaanya. Hatipun gembira mendengar berita itu karena emang ini yang aku harapkan.
Keesokan harinya aku pun datang dengan seragam atasan putih ,pakai celana hitam lengkap dengan sepatu hitam . sesuai dengan apa yang disarankan. Hari pertama kerja saja masih di anterin bapak ,kalo yang lain namanya anak mama , beda dengan aku anak papa . hehe
Sesampainya di kantor aku ketemu sama teman-teman yang kemarin bareng interview, eh ternyata keterima semua ,aku kira cuman aku ajah yang keterima . Biasanya kan kalo yang ngelamar banyak ada salah satu yang nggak di terima. Lah ini kok malah  keterima semua,hemm….
Sempet bertanya tanya sich dalam hati (???)  waktu itu kita di suruh ngumpul ke lantai 2 semua untuk briefing, dari itu juga udah bingung sebenarnya ini perusahaan apa yach???? Banyak orangnya tapi nggak jelas juga apa yang di kerjain, satu laptop pun gag ada,  aku mulai mencium aroma nggak beres nih. Huaaaah…hari pertama kerjanya cukup dengan rutinitas briefing saja.
Hari pertama ,ke 2 sampai pada hari ke 5 rutinitas yang dilakukan hanya briefing, mencatat dan nyanyi nyayi plus jogged-joged nggak jelas. Aku pun berpikir ini apa maksud pekerjaan ini.??? Penasaran .
Hari ke 6 aku pun memutuskan untuk tinggal disana kebetulan juga disediakan messnya juga. Dari pada bolak balik jadi yach tinggal disitu aja. Seneng sih bnyak temen, kalo pas lagi tidur. Jadi kan rame. Mereka kebanyakan dari luar kota , beruntunglah aku dari jember.Hari berikutnya rutinitas seperti biasanya hanya saja hari  ke 7 di situ kita semua keluar dari kantor. Itupun keluar nggak ada akomodasi mobil atau apa , jadi ya jalan kaki kalo nggak ya numpang ke orang yang lewat di jalan.  Setelah berhari hari disitu aku telusuri dan aku amati ternyata perusahan itu berbisnis MLM ( multi lever marketing) dan kayak sales keliling. Cuma nggak dijelasin dari pertama kalo system kerjanya seperti itu. Setelah bekerja berhari hari hanya di gaji dengan 2x makan selebihnya yang ada pengeluaran dari kantong pribadi yang banyak. Banyak tekornya juga.
Hari ke 15 aku udah merasa tidak betah lagi, aku memutuskan untuk tidak lagi bekerja di situ dan aku memundurkan diri. Bukan artinya aku menyerah,tetapi lebih pada pilihan untuk mencariyang lebih baik dari perkerjaan tersebut. Banyak pelajaran hidup yang aku peroleh selama 15 hari berkerja.
Ternyata betapa susahnya mengumpulkan uang dari hasil jerih payah sendiri, belajar sales, berkomunikasi, banyak hal yang sangat berarti dalam hidup. Meskipun aku nggak mendapatkan apa-apa dari hasil kerjaku selama 15 hari di situ,aku bersyukur bisa merasakan hal yang seperti ini. Pengalaman yang sangat berarti dalam hidupku.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar