sapa dan salam

Assalamuallaikum, Selamat bergabung di Xpassion.:D

info terupdate

Hi Xpassioners, selamat berkarya di BUKU ke 2 Xpassion, kumpulkan tulisanmu segera, rebranding your self and improve your skill
  • -Lutfi Zein-.
  • Find Your Passion
  • Now
  • No Delay,No Excuse,No But.
  • Reading Books Makes you Better.

Selasa, 31 Desember 2013

Buruh tani kompas Masa Depan

Penulis: Nurul Yaqin


Ketika musim tanam telah tiba seiring itu pula pekerjaan di lahan pertanian sedang menumpuk, pak tani biasanya mempekerjakan sejumlah pekerja lain untuk membantunya bekerja di lahan pertanianya,saya menyebut mereka buruh tani.
Seperti halnya pada suatu proyek pembangunan seorang mandor di tugaskan untuk mengawasi sekelompok pekerja di area proyek tender yang ia telah ia menangkan   untuk memastikan bahwa pekerjaan mereka sesuai dengan harapan. Sama halnya denga pak tani  yang memberi pekerjakan para buruh tani di lahan pertaniaan - nya . Saya suka memperhatikan dan sesekali ikut terjun berbaur dengan para pekerja menggarap lahan pertanian pak tani. Sekali waktu pak tani merentangkan tangannya dan menunjuk ke arah  seorang pekerja yang jaraknya tidak lebih dari seratus meter saja dari tempat kami duduk berteduh di saung (pondok kecil di pinggiran pematang sawah).
”lihatlah pekerja yang satu ini nak !” katanya pak tani.
Sayapun memandang  kearah pak tani yang menunjuk,seorang pekerja yang biasa saja tidak jauh berbeda dengan pekerja yang lainnya menurut pendapat saya waktu itu. Namun ketika  saya memperhatikan pekerja itu beberapa lama,akhirnya saya menemukan perbedaan yang mencolok pada perilaku dan sikapnya.
”Sudahkah engkau temukan nak perbedaannya?”Tanya pak tani. Saya mengangguk dengan mantap. Dia akan mengantikan mandor itu ketika saatnya tiba. pak tani melanjutkan pembicaraanya,mengapa bisa begitu pak Tanya saya,perbedaan yang engkau temukan itulah yang menjadi pertandanya katanya pak tani. Sayapun mulai mengerti.
Beberapa tahun kemudian ketika liburan akhir semester tiba, saya berkesempatan lagi untuk berkunjung ke pertanian pak tani. Ketika saya memandang kepada sekelompok pekerja di lahan pertanian tersebut saya mengenali mandor  yang mengawasi para pekerja,  anda tau siapa orang itu? Anda benar dialah orang yang bertahun tahun sebelum di tunjuk oleh pak tani saya kenali karakternya. Dia sudah benar benar menjadi seorang mandor. Setelah beranjak dewasa saya memahami pesan yang disampaikan pak tani perihal pekerja itu. Pak tani  bisa mengenal faktor pembeda pada pekerja itu. Bertahun tahun kemudian sementara orang orang  lain masih menjadi pekerja biasa dengan pekerjaan yang sama pekerja itu menjadi mandor.
Mungkin anda juga pernah memperhatikan rekan jerja  anda di kantor maupun di likungan anda tinggal. Yang meskipun penampilannya tampak seperti karyawan lain, tetapi memperlihatkan  tanda tanda seorang pemimpin sejati. Barang kali anda sendiri seperti itu. Anda pasti merasa senang dan mempunyai energy tambahan  jika atasan anda mempercayai anda untuk menangani  tugas tugas  yang lebih tinggi bobotnya. Rasa lelah yang anda dapatkan  dalam mengerjakan tugas itu akan terbayar lunas ketika tugas ekstra itu membawa anda  pada sebuah kesempatan untuk mempelajari banyak hal sebagai bekal bagi anda untuk menghadapi kemungkinan di promosikan (di refrensikan ke jenjang yang lebih baik dari posisi sekarang).
Namun mengapa  masih banyak para pekerja yang tidak mampu memimpin? Saya berusaha mencari jawabannya  begitu lama.ternyata kebanyakan karyawan menganggap bahwa atasanya dengan sewenang wenang telah mengeksploitasi mereka saat memberikan tugas yang ada di luar job description – nya. Mereka lalu membanding bandingkan pekerjaan tambahan itu dengan jumlah upah yang mereka terima,coba kita upgrade lagi sudut pandang kita dengan bekerja demi ibadah semata mata pengabdian kepada yang maha kuasa yang telah memberi untuk kita semua (tegar artis Jalanan) yang pastinya kita tidak akan lagi membanding bandingkan pekerjaan kita dengan upah yang kita terima dan kita tidak akan merasa iri terhadap rekan rekan kita yang hanya di bebani  pekerjaan - pekerjaan ringan, dengan upah yang sama. Bagi mereka ,perlakuan atasan itu tidak lebih dari sekadar diskriminasi dan penindasan orang kuat kepada orang lemah, sehingga menurut pikiran anda mungkin,sudah selayaknya diadukan ke pengadilan tata niaga.Ups tunggu dulu kawan jangan sampai mikir kesitu lah.
Jangan merasa sakit hati jika terkadang anda pun berpikiran begitu. Jika  anda ingin menjadi eksekutif puncak, tidak ada cara lain bagi anda selain berusaha mencoba memimpin diri anda sendiri dulu baru memimpin para pimpinan lain-nya.
”Wahai manusia kenalilah dirimu dulu niscaya kamu akan mengenal tuhanmu” Al hadist’ semakin tinggi kedudukan yang anda impikan, semakin  tinggi pulalah kualitas karakter kepemimpinan yang harus anda miliki. Karena itu sejak saat ini, teruslah mempertajam kemampuan leadership anda secara konsisten.
Sebelum anda memulai melangkah,sebelumnya anda harus memahami benar tentang pondasi kepemimpinan itu, kita pada dasar sebetulnya telah menjadi pemimpin bagi pimpinan kita sendiri. Jadi baca,cerna dan endaplah hal berikut ini dalam diri anda.seseorang yang sanggup menyelesaikan tugas – tugasnya dengan baik,sekalipun tidak ada atasan yang mengawasinya adalah calon pemimpin di kemudian hari. Yang di tunjuk oleh pak tani beberapa tahun yang lalu dari balik saung saat berteduh di pinggir pematang sawah.
Pesan yang ingin ditunjukkan oleh pak tani melalui buruh tani kompas masa depannya adalah agar saya meresapi nilai nilai itu. Dan menjadikan daya ungkit mendorong untuk mendongkrak daya saing saya ketika harus berjibaku di dunia kerja yang semakin hari semakin penuh dengan persaingan dan tantangan, mau tidak mau harus di hadapinya. ok Right Sukses. Selain itu pak tani ingin saya bisa  berbagi dengan sesama  karyawan lain, yang masih harus menempuh perjalanan yang amat panjang dalam meniti karier dan membangun bisnisnya sendiri.
Seorang pemimpin bukanlah orang yang melakukan tugas dengan baik hanya jika ada orang lain yang mengawasinya,atau atasan yang membimbingnya. Seorang pemimpin tidak membutuhkan orang lain untuk untuk memacu kinerjanya secara konsisten dan produktif. Seorang  pemimpin adalah orang yang sanggup tetap bertengger pada puncak kinerjanya,sama halnya dengan si burung elang jawa (Bartilus Bartelsi) yang bertengger di pucuk pohon,tak peduli apapun yang akan terjadi.kepemimpinan merupakan sebuah sikap yang sangat pribadi. Tak seorang pun mampu menumbuhkan sikap ini di dalam diri anda selain anda sendiri ok, Right Sukses
Seorang pemimpin yang menduduki jabatan penting tidak akan bisa berbuat apa - apa tanpa staf atau karyawan lainnya yang melaksanakan konsep bisnisnya di garis depan. Baik itu peran seorang OB /Jenitor,Secuiriti,driver maupun fungsi lainnya.ok Right Sukses, terima kasih untuk semua.mereka tidak akan menghasilkan apa – apa tanpa orang – orang seperti anda dan saya. Anda tidak peduli jabatan yang anda pegang saat ini  adalah orang yang sangat penting bagi perusahaan tercinta tempat anda bekerja. Jadi kepemimpinan tidak berhubungan dengan jabatan. Dengan kata lain jabatan dan kedudukan tidak menunjukkan kepemimpinan dalam sebuah kehidupan ok. Right Sukses.
Sekarang,ajukanlah beberapa pertanyaan ini pada diri anda. Apakah anda merasa terbantu atau terbebani oleh anda? Apakah tim kerja anda terangkat atau terpuruk karena anda?apakah proyek yang anda kerjakan menjadi lebih baik atau sebaliknya lebih buruk di tangan anda? Apakah anda  sekedar bekerja atau bertindak dan bersikap melampuai tuntutan – tuntutan pekerjan itu.
Kepemimpinan sama sekali tidak muncul dengan sendirinya,kepemimpinan tidak bisa anda beli denga harga berapun. Anda harus menanam benihnya sendiri dan menyiramnya setiap hari . Andapun harus berlatih untuk  mematangkannya.anda perlu bereksperimen untuk mengenali hal  hal yang positif dan hal hal negative yang mebuang sumber daya saja.yang pada saatnya  andalah yang akan menuai nya di masa depan (Edy darmoyo)
Setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi pemimpin,tetapi hanya sedikit yang mau menfaatkannya.jangan menjadi bagian dari mereka ingatlah selalu bahwa anda adalah orang yang sangat penting bagi diri anda sendiri ,keluarga dan tempat pekerjaan anda saat ini.ok Rihgt Sukses. Tidak ada lagi alasan bagi anda untuk menyia – nyiakan kesempatan yang di berikan  Allah kepada anda untuk menunjukkan bahwa anda adalah pemimpin bagi diri anda sendiri,pemimpin bagi keluarga maupun karyawan yang berjiwa pemimpin di perusahaan anda bekerja.anda adalah yang sangat penting bagi masa depan anda sendiri.
Hanya anda sendirilah yang akan menentukan indah atau kelamnya masa depan yang akan anda songsong.jangan tanyakan apa yang telah diberikan kepada anda oleh  perushaan anda bekerja,namun tanyakanlah apa yang telah anda sumbang untuk kemajuan perusahaan tempat anda bekerja.ok Right Sukses
Berusahalah diri anda  sebagai seorang kebanggaan keluarga anda. Orang yang sangat penting bagi anak anak anda kelak. Bayangkanlah betapa bahagianya  jika anak anak anda menyebut nama anda di depan bagian bangku sekolah anak anda,untuk menguraikan satu demi satu alas an yang membuat  mereka bangga kepada orang tua mereka. Percayalah kepada diri pribadi anda.anda hanya akan bisa mewujudkan semua itu,jika anda sendiri telah berhasil membangun karier  anda dengan mengembangkan jiwa kepemimpinan anda. Ok Right Sukses.
Bagaimana dengan para buruh tani  di area pertanian pak tani? Mengapa para buruh tani yang lain tidak bersikap seperti  si calon mandor,apakah karena mereka kekurangan kemampuan untuk mengelurakan kemampuan dan kelebihan yang ada yang ia milki. Untuk hal tersebut pak tani menjawab pertanyaan terebut . Pak tani menguraikan tentang empat jenis pekerja lahan pertanian milik pak tani yang bisa saya temui.kelompok pertama adalah para pekerja lading yang  memiliki kemampuan rata rata mereka biasanya akan terus menjadi pekerja  rendahan seumur hidupnya. Pendapatannya hanyalah akan sebatas angka rata rata.kualitas hidup yang harus di jalaninya bersama nak istrinya pun tidak akan membaik.
Kelompok kedua adalah para pekerja lahan pertanian  yang  memiliki kemampuannya hanya rata rata . Orang seperti mereka tidak pernah mengotimalkan kemampuannya. Mereka hanya menyelesaikan pekerjaannya dengan  sedikit lebih baik atau lebih banyak di bandingkan dengan pekerja yang lainnya  . Tetapi karier mereka menurun merka tidak akan memiliki nilai tambah lagi di bandingkan dengan pekerja  yang lainnya. Akhirnya cepat atau lambat mereka akan di sishkan oleh pekerja pekerja yang lebih muda dan lebih kuat. Kelompok ketiga  adalah para pekerja lahan pertanian yang memiliki kemmapuan rata rata tetapi kemauannya untuk maju melampaui kemamuan pekerja yang lainnya. Pekerja seperti inilah yang akan memaksa  dirinya memeras segala daya upaya hingga batas  paling atas  kemampuan yang di milikinya. Jika suatu ketika mereka  di refrensikan menjadi mandor,tidak lain karena tidak adanya daya saing dari pekerja lainnya. Kalau kita menyadarai bahwa diri kita hanyalah memiliki kemampuan rata rata, kita harus memperkuat kemampuan dan membakar motivasi diri kita untuk maju,tanpa kenal kata menyerah  hanya kerja keras semata pekerja yang memiliki kemampuan rata rata ,akan nampak menonjol dibandingkan dengan  dengan para  pekerja lainnya, hanya dengan bekerja keras pekerja jenis ini akan menghasilkan performa yang prima. Jika mereka terus melakukan nya dengan konsisiten, masa depan yang cerah pula aka nada dalam gengamannya.
Kelompok keempat adalah para pekerja lahan pertanian yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk maju yang  tinggi. Kalau anda  menjadi bagian dari sebuah kelompok yang beranggotakan sangat langka. Kelompok orang dengan kemapuan yang tidak tertandingi.ok Right Sukses. Selamat semua orang  patut iri kepada anda sebagai kelompok yang  keempat. Dari goresan inilah dapat kita  petik buruh tani kompas masa depan serta laksana kompas yang memberi arah untuk sukses ,mengikatkan potensi kita untuk sukses. Impian dan doa merupakan peramal yang paling tepat untuk masa depan kita semua…SUKSES...ok Right.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar