sapa dan salam

Assalamuallaikum, Selamat bergabung di Xpassion.:D

info terupdate

Hi Xpassioners, selamat berkarya di BUKU ke 2 Xpassion, kumpulkan tulisanmu segera, rebranding your self and improve your skill
  • -Lutfi Zein-.
  • Find Your Passion
  • Now
  • No Delay,No Excuse,No But.
  • Reading Books Makes you Better.

Selasa, 31 Desember 2013

Menjual tanpa Menjual

Penulis: Ratnawati Wida Kirani


Tulisan ini terinspirasi dari video yang menceritakan pemasaran sebuah produk minuman  dengan inovasi baru dan pertama kali di dunia. Saya sangat takjub dengan proses,kegigihan dan strategi  pemasarannya.

Sebenarnya cara ini sudah banyak dilakukan banyak kalangan pembisnis dan sudah banyak yang berhasil menjalankan cara ini. Dimana saat menjual bisa dengan cara tidak menjual.
Loh terus gimana caranya? saat kita ingin menjual sesuatu namun kita tidak jualan,ahh mana mungkin sih. Ternyata inilah kunci sukses jualan sebuah produk minuman, sebut saja perusahaan M. Yang mungkin telah menginspirasi banyak perusahaan.
Menjual dengan cara tidak menjual. Pada awal memperkenalkan dan memjadikan produk perusahaan M diterima oleh masyarakat apa yang dilakukan oleh management pemasarannya? Yah,sangat takjub karena perusahaan tersebut membagikan produk secara gratis selama setahun penuh sehingga kerugian mereka 400 M hanya untuk menyampaikan manfaat dari minuman tersebut .
Namun apa yang konsisten dilakukan mereka? Seperti yang saya katakan diawal,mereka tidak menjual produk,mereka menjual tanpa menjual,mereka membuat produknya diterima dimasyarakat dengan “konsisten dan focus “ mensosialisasikan value,manfaat,kelebihan dan tepat segmentasinya. Pesan dari mereka tersampaikan kepada masyarakat,sehingga berdampak dari tahun ketahun berikutnya keuntungan mereka jauh melebihi harapan.
Menjual bukan lagi focus pada terjualnya barang namun lebih pada pemenuhan kebutuhan pelanggan dan menjual apa yang dibutuhkan pelanggan sehingga kita dapat menjual tanpa menjual yang artinya kita hanya butuh edukasi dan produk kita terkomunikasikan dengan baik kepada pelanggan.

Itulah betapa pentingnya kita mensosialisasikan atau menyalurkan pesan terhadap calon pembeli. Beli atau tidak semua itu tergantung kebutuhan pelanggan bukan?
Apa jadinya jika kita menjual asal jual asal target asal stock digudang habis tanpa pelanggan mengetahui value dari produk yang kita jual?  Bisa jadi pelanggan bingung,merasa produk yang dibeli tidak jelas, pelanggan tidak loyal, pelanggan akhirnya  tidak percaya dan terciptalah ketidak percayaan alias image yang tidak baik pada perusahaan.
Menjual tanpa menjual Ini sebenarnya satu dari banyak sekali strategi yang bisa kita pilih dalam menjual. Menjual tanpa menjual  adalah memperkenalkan produk,menonjolkan kelebihan,tersosialisasikan dengan baik, focus dan konsisten. Kita tidak perlu menjual, namun dengan sendirinya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan akan menghasilkan penjualan yang bahkan melebihi harapan atau target.

Percaya? mungkin anda sudah mempraktekannya dan sudah membuktikannya bukan. Dalam proses dimana kita menjual tanpa menjual kita pasti merasakan bahwa kita telah memiliki self exteem, keistiqomahan, kegigihan, kesabaran, pembuktian, kerja cerdas, koordinasi yang bagus  dan kita bisa setiap saat berteriak”Good Job”.
Ternyata menjual tanpa menjual ini  menjadikan banyak sekali seseorang sukses dengan project dan targetnya. Bahkan bisa melampaui harapan penjual. Sudah banyak yang melakukan hal tersebut. Namun apa salahnya jika kita coba ulang mengupasnya karena saya pun termasuk seseorang yang selalu butuh diingatkan bahkan dari tulisan saya sendiri.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar