Penulis: Ratnawati Wida Kirani
Tulisan ini terinspirasi dari video yang menceritakan pemasaran sebuah
produk minuman dengan inovasi baru dan
pertama kali di dunia. Saya sangat takjub dengan proses,kegigihan dan
strategi pemasarannya.
Sebenarnya cara ini sudah banyak
dilakukan banyak kalangan pembisnis dan sudah banyak yang berhasil menjalankan
cara ini. Dimana saat menjual bisa dengan cara tidak menjual.
Loh terus gimana caranya? saat kita
ingin menjual sesuatu namun kita tidak jualan,ahh mana mungkin sih. Ternyata
inilah kunci sukses jualan sebuah produk minuman, sebut saja perusahaan M. Yang
mungkin telah menginspirasi banyak perusahaan.
Menjual dengan cara tidak menjual.
Pada awal memperkenalkan dan memjadikan produk perusahaan M diterima oleh
masyarakat apa yang dilakukan oleh management pemasarannya? Yah,sangat takjub
karena perusahaan tersebut membagikan produk secara gratis selama setahun penuh
sehingga kerugian mereka 400 M hanya untuk menyampaikan manfaat dari minuman
tersebut .
Namun apa yang konsisten dilakukan
mereka? Seperti yang saya katakan diawal,mereka tidak menjual produk,mereka
menjual tanpa menjual,mereka membuat produknya diterima dimasyarakat dengan
“konsisten dan focus “ mensosialisasikan value,manfaat,kelebihan dan tepat
segmentasinya. Pesan dari mereka tersampaikan kepada masyarakat,sehingga
berdampak dari tahun ketahun berikutnya keuntungan mereka jauh melebihi
harapan.
Menjual bukan lagi focus pada
terjualnya barang namun lebih pada pemenuhan kebutuhan pelanggan dan menjual
apa yang dibutuhkan pelanggan sehingga kita dapat menjual tanpa menjual yang
artinya kita hanya butuh edukasi dan produk kita terkomunikasikan dengan baik
kepada pelanggan.
Itulah betapa pentingnya kita
mensosialisasikan atau menyalurkan pesan terhadap calon pembeli. Beli atau
tidak semua itu tergantung kebutuhan pelanggan bukan?
Apa jadinya jika kita menjual asal
jual asal target asal stock digudang habis tanpa pelanggan mengetahui value
dari produk yang kita jual? Bisa jadi
pelanggan bingung,merasa produk yang dibeli tidak jelas, pelanggan tidak loyal,
pelanggan akhirnya tidak percaya dan
terciptalah ketidak percayaan alias image yang tidak baik pada perusahaan.
Menjual tanpa menjual Ini sebenarnya
satu dari banyak sekali strategi yang bisa kita pilih dalam menjual. Menjual
tanpa menjual adalah memperkenalkan
produk,menonjolkan kelebihan,tersosialisasikan dengan baik, focus dan
konsisten. Kita tidak perlu menjual, namun dengan sendirinya pemenuhan
kebutuhan dan keinginan pelanggan akan menghasilkan penjualan yang bahkan
melebihi harapan atau target.
Percaya? mungkin anda sudah mempraktekannya
dan sudah membuktikannya bukan. Dalam proses dimana kita menjual tanpa menjual
kita pasti merasakan bahwa kita telah memiliki self exteem, keistiqomahan,
kegigihan, kesabaran, pembuktian, kerja cerdas, koordinasi yang bagus dan kita bisa setiap saat berteriak”Good
Job”.
Ternyata menjual tanpa menjual
ini menjadikan banyak sekali seseorang
sukses dengan project dan targetnya. Bahkan bisa melampaui harapan penjual.
Sudah banyak yang melakukan hal tersebut. Namun apa salahnya jika kita coba ulang
mengupasnya karena saya pun termasuk seseorang yang selalu butuh diingatkan
bahkan dari tulisan saya sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar